Air terjun Bampoo

00.36

Air terjun Bampoo ini berlokasi di Desa Pantai Cempa, Kec. Bandar Pusaka, Kab. Aceh Tamiang. Walaupun berdekatan dengan air terjun Sangkapane, tetapi ternyata air terjun Bampoo ini masih masuk kawasan Desa Pantai Cempa, bukan desa Pengidam.Bagi yang pernah ke Sangkapane pasti tahu betul bagaimana kondisi jalan disana. Jika gerimis saja, jalan disana tak ubahnya seperti kita lagi berada di kubangan sawah. Itulah alasan kami kenapa pergi ke Air terjun bampoo pada saat musim kemarau seperti saat ini, ya walaupun debit airnya tidak terlalu banyak tetapi ternyata masih seru juga.Dari desa pantai ceumpa sampai ke air terjun ± 1 jam setengah perjalanan. 1 Jam dengan menggunakan sepeda motor, sedangkan setengah jam jalan kaki menelusuri hutan dan sungai.
Bawalah guide karena jika hanya mengandalkan peta kemungkinan besar kamu masih akan kesasar karena ketika perjalanan di dalam hutan banyak jalan yang tidak terlihat di google Earth karena tertutup pepohonan besar. Gak mau kan sedikit lagi sampai ke air terjun Bampoo tetapi malah kesasar ke dalam hutan.




Dari semua air terjun yang pernah kami datangi di Aceh Tamiang, Air terjun Bampoo ini yang paling lebar dan tinggi. Tidak hanya itu saja, berdasarkan informasi yang kami dapat dari warga sekitar, air terjun disini sampai 7 tingkatan dan masing-masing tingkatan memiliki keindahan dan keunikan tersendiri.
Sayangnya karena keterbatasan waktu, kami hanya bisa menelusuri air terjun ini sampai 6 tingkatan saja. Mudah-mudahan ada kesempatan lain untuk dapat menjelajah sampai 7 tingkatan.
Setelah perjalanan panjang sampailah kami ke tingkatan pertama air terjun Bampoo. Di tingkat pertama ini air terjun yang paling lebar dan paling tinggi. Saat pertama kali sampai ke air terjun Bampoo, sontak semua anggota kami yang berangkat bersorak gembira. Rasa lelah rasanya terbayar mahal ketika menyaksikan luasnya air terjun. Banyak sekali batuan besar yang ada disekitar air terjun Bampoo ini ditambah lagi dengan tebing-tebing yang tinggi di bawah aliran air terjun membuat perasaan kami semakin terkagum-kagum dengan anugerah alam yang diberikan Allah SWT di Bumi Muda sedia.Nah ketika kami naik ke atas puncak tingkat pertama, langsung terlihat air terjun Bampoo tingkat 2. Disini terbentuk kolam kecil dengan kedalaman sekitar 1 sampai 1,5 meter pada saat musim kemarau. Karena airnya yang sangat jernih membuat kami betah berlama-lama berenang dibawah derasnya air terjun.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »