Lhok keutapang Pantai tersembunyi Di Aceh

21.06

Aceh punya banyak pantai cantik yang tersembunyi. Satu yang jadi referensi adalah Lhok Keutapang di Aceh Besar. Perjuangan untuk menuju pantai ini pun sepadan dengan keindahan yang ditawarkan.Aceh besar merupakan salah satu kabupaten di provinsi yang berada di ujung barat pulau Sumatera. Aceh besar berdekatan lansung dengan ibukota Aceh. Aceh barat memiliki potensi alam yang luar biasa baik yang ada di daratan maupun di lautan.Kalau permasalahan potensi wisata alam, lebih-lebih wisata bahari maka Aceh besar punya peringkat dalam hal itu. Sebut saja pantai Lampuuk di kecamatan Lhoknga, pantai dengan pasir putihnya yang selalu ramai di kunjungi wisatawan lokal bahkan wisatawan manca negara. Tidak hanya itu, panorama daratan dan pegunungan juga tidak kalah dengan daerah-daerah yang lain.

Pada kesempatan kali ini, saya ingin menukilkan keindahan sebuah pantai di Aceh besar yang berada di balik perbukitan. Mungkin bagi sebagian orang tidak yang berada di Banda Aceh dan sekitaran Aceh besar tidak asing dengan pantai tersebut dan juga sudah banyak yang menuliskan sehingga sudah banyak bertebaran di Google.Pantai Lhok Keutapang begitulah orang-orang menyebutnya. Pantai yang yang berada di kecamatan Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar ini banyak orang menyebutnya dengan pantai yang tersembunyi di Aceh Besar.


Bisa jadi adanya sebutan tersebut karena memang untuk mencapai pantai ini diperlukan usaha dan keinginan yang kuat karena letaknya di balik bebukitan, sehingga siapa saja yang ingin ke pantai Lhok Keutapang harus mendaki Bukit yang terjal dan akan menguras tenaga.
Namun, bagi anda yang suka berpetualang hal tersebut bukan suatu masalah ketimbang pengalaman dan kepuasan yang akan didapatkan bila sampai ke pantai Lhok Keutapang.Pantai Lhok Keutapang berjarak sekitar 15 menit perjalanan dari kota Banda Aceh dengan laju kendaraan sedang. Jika dari pusat kota banda Aceh, maka arah yang bisa Anda tempuh adalah arah ke pelabuhan Ule Lheue. Selain itu, ke pantai Lhok Keutapang bisa ditempuh juga dari arah Lhoknga dan Lampuuk.
Setelah Anda memarkirkan kendaraan di pekarangan peternakan yyam. Bila Anda baru pertama kali tidak perlu khawatir karena penjaga di peternakan itu sudah paham jika sudah masuk ke pekarangan peternakan itu. Anda hanya perlu merogeh kantong Rp 5.000 per unit sepeda motor.
Nah, sekarang saatnya menyiapkan tenaga yang ekstra, karena perjalanan ke pantai Lhok Mata Ie akan segera dimulai. Anda harus berjalan sekitar 2 menit untuk menuju ke titik awal menuju ke pantai Lhok Keutapang.Titik awal yang dimaksud berada di sebuah kawasan rumah penduduk. Dari titik ini perjuangan yang sesungguhnya akan segera dimulai. Perjalanan dimulai dari dekat sebuah mushala yang sepertinya sudah dipakai lagi.Tepatnya di samping mushalla itu ada jalan menuju ke pantai Lhok Keutapang. Awalya kita akan melintasi kebun milik warga yang dipenuhi dengan pohon cengkeh dan pohon lainnya.Sedikit demi sedikit jalur mulai mendaki dan terus saja mendaki. Bagi anda yang baru pertama kali ke pantai Lhok Keutapang tidak perlu khawatir bila takut tersesat, karena jalurnya sudah ditandai dan tidak ada jalur yang bercabang-cabang.

Keringat dan suara nafas orang capek akan mewarnai anda dalam perjalanan ke Lhok Keutapang. Perjalanan diawal hanya mendaki dan terus mendaki dan juga berharap cepat sampai ke Puncak Bukit. Perjalanan anda akan berhenti bila sudah sampai di kebun cabe milik warga.Anda harus memasuki area kebun cabe itu dan mengikuti petunjuk yang dipancang di kebun tersebut. Berhati-hatilah mendaki di area kebun tersebut karena kemiringan bukit yang curam.
Setelah meninggalkan kebun cabe itu perjalanan dilanjutkan dengan mendaki. Pemandangan hutan dengan segala isinya silahkan Anda nikmati. Hutan yang bisa dikatakan masih lebat menemani kita ke pantai Lhok Keutapang. Perjalan mendaki akan segera berakhir karena sudah mulai sampai ke puncak bukit.


Sekarang ini perjalanan yang Anda lalui adalah turunan-turunan yang lumayan curam sehingga anda harus berhati-hati. Nantinya anda akan melalui sebuah  aliran sungai kecil. Ada baiknya anda mengambil air itu untuk keperluan memasak di pantai Lhok Keutapang nantinya karena disananya tidak ada air tawar.Perjalanan ke Lhok Keutapang tidak lama lagi akan segera sampai bila Anda sudah mendengar deburan ombak pantai dan suara mesin perahu nelayan. Bila sudah mau sampai ke pantai Lhok Keutapang maka Anda akan disambut oleh padang ilalang yang ketinggiannya 1 meter lebih.Panorama laut ditambah pula dengan kesunyian yang tidak seperti pantai biasanya, menjadi kelebihan tersendiri buat Pantai Lhok Keutapang. Perjalanan ke Lhok Keutapang berkisar antara 2 jam sampai 3 jam, tergantung kecepatan Anda melangkahkan kaki di rimba yang disebutkan di atas.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »