Air terjun Blang Kolam

05.53

Air Terjun Blang Kolam memiliki ketinggian sekitar 75 meter. Terletak di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kuta Makmur, Kabupaten Aceh Utara, Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam. Air Terjun Blang Kolam yang indah ini, tampak asri karena lokasinya yang masih di bawah rimbunnya pepohonan dan memiliki suasana hutan yang alami. Belum lagi ketika perjalanan menuju Air Terjun Blang Kolam ini, anda akan disuguhi dengan pemandangan dan suasana perdesaan yang menyejukkan mata.
Untuk mencapai lokasi Air Terjun Blang Kolam sebenarnya tidak sulit, cukup banyak jalur yang bisa ditempuh, bisa melalui Cunda kota Lhokseumawe, Kandang Aceh Utara atau kawasan Muara Satu kota Lhokseumawe.  Kondisi jalan menuju objek wisata Air Terjun Blang Kolam ini cukup terjal dan licin sehingga menjadi salah satu penghambat bagi pengunjung yang ingin menikmati objek wisata ini.  Petunjuk jalan ke lokasi Air Terjun Blang Kolam ada cukup jelas  sehingga memungkinkan tak harus banyak bertanya ke pada penduduk setempat.
Bagi yang menggunakan kendaraan umum dapat menggunakan labi-labi  (jenis kendaraan tradisonal)  yang sering mangkal di Jalan Pase. Akan tetapi untuk saat ini jarang bisa ditemukan angkutan jenis tersebut.  Alternatif lain adalah dengan menggunakan angkutan berupa becak motor.  Ongkos becak motor ini dari pusat kota menuju Desa Sidomulyo berkisar Rp 15000-20000 sekali jalan


Sesampainya di tempar parkir kendaraan yang terletak di pinggir jalan Desa Sidodadi, ikuti jalan setapak berupa tangga yang berkelok-kelok menanjak dan menurun.  Jarak anak tangga ini ke lokasi air terjun sekitar 700 m.  Berhati-hati berjalan terutama di saat cuaca mendung atau baru turun hujan, anak tangga ini sangat licin untuk dilewati karena sudah berlumut.
Ketika anda memasuki gerbang, anda harus membayar uang sebesar Rp 2.000*) saja per orangnya untuk biaya kebersihan tempat wisata. Jadi, harganya tak terlalu mahal. Anda juga bisa menemukan beberapa penjual makanan dan minuman di lokasi Air Terjun Blang Kolam , sehingga anda tak perlu takut jika rasa lapar menggangu liburan anda di tempat ini.
 Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap. Anda sudah bisa menemukan musholla dan toilet di tempat ini. Nah, jika anda butuh aliran listrik, misalnya untuk mengisi daya kamera atau handphone anda, jangan khawatir. Sudah ada aliran listrik yang bisa anda gunakkan untuk membuat liburan anda lebih nyaman dan menyenangkan. sayangnya objek wisata Air Terjun Blang Kolam belum dilengkapi sarana pendukung seperti Musholla, MCK, dan tali pembatas jalur.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »